ANDRI SUWANDI

Selamat Datang di Blog Andri Suwandi. Bergerak, Tergerak, Menggerakkan. Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar

Jumat, 03 Februari 2023

Profil Andri Suwandi

 


Saya Andri Suwandi, S.Pd, lahir di Nyarumkop, salah satu kecamatan yang ada di sebelah timur Kota Singkawang, pada tanggal 31 Juli 1993. Saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Ibu Mulyana dan Bapak Rabudin. Lahir dan besar didesa merupakan suatu anugerah tersendiri karena dididik dengan keteladanan dan selalu diajarkan rasa syukur oleh kedua orang tua atas apa yang telah diperoleh. Saya menempuh pendidikan di SDN 8 Singkawang Timur, kemudian lulus pada tahun 2005, melanjutkan ke SMPN 2 Singkawang. Pada tahun 2008 lulus dari tingkat SMP melanjutkan ke SMAN 7 Singkawang jurusan IPS dan lulus pada tahun 2011. Pada tahun 2011 saya mengambil kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) jurusan Pendidikan Agama Islam dan lulus menyandang gelar S.Pd.I pada tahun 2015. Tidak puas dengan satu jenjang dan saya juga melihat peluang guru SD lebih besar, maka pada tahun 2017 saya mengambil penyetaraan S-1 PGSD di Universitas Terbuka dan lulus pada tahun 2019. Pada tahun 2019 saya tes CPNS dan Alhamdulillah lulus.

Saat ini saya menjabat sebagai guru kelas di SD Negeri 61 Singkawang Kecamatan Singkawang Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat. Saya baru bertugas selama 1 tahun lebih sejak diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Daerah Pemerintah Daerah Kota Singkawang. Sejak saat itu, kesempatan mengabdi sebagai abdi negara tidak saya sia-siakan dan saya selalu ingin mengembangkan kompetensi diri untuk profesionalitas jabatan.

Sebagai impelementasi pengembangan kompetensi diri ini saya senang sekali mengikuti pelatihan dan bimtek baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Sejak Program Pendidikan Guru Penggerak digulirkan pada 2020, saya sangat tertarik untuk mengikutinya. Namun pada angkatan ke-1 sampai ke-4 tidak ada kuota untuk Kota Singkawang. Kota Singkawang mendapatkan kuota Guru Penggerak baru diangkatan ke-5. Saya pun mengikuti seleksi dan Alhamdulillah saya lulus seleksi sebagai calon guru penggerak angkatan ke-5 Kota Singkawang dan hingga saat ini saya masih berproses dalam menjalani pendidikan guru penggerak ini selama yang InsyaAllah akan dilaksanakan selama enam bulan lamanya dan menjadi seorang guru penggerak.

Menjadi seorang guru penggerak merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa dan juga merupakan amanat yang luar biasa juga. Hal ini karena, banyak hal lagi yang harus saya lakukan yaitu utamanya sebagai motor penggerak perubahan ekosistem sekolah untuk menciptakan merdeka belajar secara berkelanjutan tidak hanya diranah sekolah tempat tugas tetapi juga di daerah Kota Singkawang.




0 comments:

Posting Komentar

 
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA