LOKAKARYA ORIENTASI
PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 10 KOTA SINGKAWANG
A.
LATAR BELAKANG
Guru Penggerak merupakan program pendidikan dari pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru, selain itu hadirnya guru penggerak diharapkan mampu menggerakkan komunitas belajar. Prinsip program adalah mendorong upaya peningkatan kualitas pendidikan di sekolah maupun diluar sekolah menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning. Dengan menggunakan 2 (dua) metode yang tadi dijelaskan, nantinya guru yang terdaftar di dalam program ini mereka juga harus mengikuti proses pembelajaran.
Model pembelajaran yang tertuang adalah
menggunakan metode pelatihan dalam jaringan atau belajar daring, lokakarya, dan
pendampingan individu.
Terdiri dari 70% pengajar bekerja di sekolah,
20% bersama sesama pengajar, dan 10% bersama narasumber, fasilitator, dan
pengajar praktik. Pendampingan dilakukan secara individu di sekolah CGP dan
pendampingan kelompok melalui kegiatan lokakarya. Pendampingan individu
bertujuan untuk membantu CGP menerapkan hasil pembelajaran daring sehingga CGP
mampu:
a.
mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan
refleksi, berbagi, dan kolaborasi;
b.
memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku
sesuai kode etik; dan
c.
merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan mengevaluasi pembelajaran
yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua.
Sedangkan pendampingan melalui lokakarya
bertujuan untuk:
a.
meningkatkan keterampilan CGP untuk menjalankan perannya;
b.
menjejaringkan CGP di tingkat kabupaten/kota;
c.
menjadi ruang diskusi dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh CGP; dan
d.
meningkatkan keterlibatan pemangku kepentingan di tingkat sekolah dan
kabupaten/kota.
Laporan pelaksanaan pendampingan lokakarya orientasi pendidikan
guru penggerak dilaksanakan dengan baik dan terarah, maka perlu dilakukan
fungsi kontrol sebagai bahan laporan yang akan digunakan oleh BBGP/BGP sebagai
bentuk pertanggung jawaban aktivitas pendampingan individu dan lokakarya.
Laporan ini adalah pelaporan pelaksanaan
kegiatan Lokakarya Orientasi yang merupakan lokakarya pertama bagi setiap Calon
Guru Penggerak. Diharapkan dengan adanya pelaporan ini, kami dapat
menggunakannya sebagai alat evaluasi dan bahan pengembangan sehingga
pendampingan Pengajar Praktik pada saat lokakarya akan semakin meningkat.
Selain itu, melalui laporan ini dapat dijabarkan kejadian yang dihadapi pada
saat lokakarya dan jika ini bagian dari masalah akan dapat diantisipasi di
lokakarya berikutnya.
B.
TUJUAN
Tujuan kegiatan pendampingan lokakarya orientasi adalah sebagai berikut:
1. Calon Guru Penggerak (CGP) memahami program Pendidikan Guru Penggerak
(alur, peran tim pendukung, kompetensi lulusan)
2. CGP mengidentifikasi posisi diri pada Kompetensi Guru Penggerak
3. CGP dapat membuat rencana pengembangan kompetensi diri Guru Penggerak, berikut
dukungan yang diperlukan, dan tantangan yang mungkin terjadi
4. CGP memahami pentingnya membuat portofolio, tahapan dan contoh
portofolio sebagai bagian dari pengembangan kompetensi
C.
INDIKATOR KEBERHASILAN
Indikator keberhasilan dari kegiatan pendampingan
lokakarya orientasi adalah sebagai berikut:
1. Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi dan menceritakan harapan,
kekhawatiran selama program berlangsung
2. Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi tantangan yang akan dihadapi
dan dukungan yang bisa didapatkan
3. Calon Guru Penggerak dapat menuliskan rencana pengembangan kompetensi
diri
D.
SASARAN
Sasaran pelaksanaan pendampingan lokakarya orientasi program PGP adalah unsur-unsur yang terkait
dengan pelaksanaan pendampingan lokakarya
orientasi, adalah sebagai
berikut:
1. Calon Guru Penggerak
2. Kepala Sekolah dari Calon Guru Penggerak
3. Pengawas SD, SMP, SMA, dan SMK
4. Perwakilan BGP
5. Perwakilan Dinas
E.
PELAKSANAAN
Pelaksanan pendampingan lokakarya orientasi di Wilayah
Sasaran pengajar praktik yang bertugas ini diselenggarakan secara tatap muka
(luring) pada tanggal 23 Maret 2024.
No |
Tempat |
Alamat |
Kab./Kota |
Provinsi |
1. |
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang |
Jl. Alianyang No. 1 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat |
Singkawang |
Kalimantan Barat |
F.
PIHAK TERKAIT
Pihak yang terkait pada pelaksanaan pendampingan lokakarya orientasi adalah
sebagai berikut:
No |
Nama |
Jabatan |
Satker |
Keterangan |
1. |
Asmadi, S.Pd.M.Si |
Kadisdikbud |
Disdikbud Kota Singkawang |
|
2. |
Oktariana Dwi Wulandari |
PTP |
BGP Kalbar |
|
3. |
Shiva Chairunnisa |
PLTT |
BGP Kalbar |
|
4. |
Riska Auliyah |
Panitia |
Disdikbud Kota Singkawang |
|
5. |
Triya Pamungkas |
Panitia |
Disdikbud Kota Singkawang |
|
6. |
Sri Yuliana |
Pengawas SD |
Disdikbud Kota Singkawang |
|
7. |
Agus Mulyadi,S.Pd |
Pengawas SMP |
Disdikbud Kota Singkawang |
|
8. |
Titus Pramana |
Pengawas SMA |
Disdikbud Provinsi Kalbar |
|
9. |
Betty Putranty |
Pengawas SMK |
Disdikbud Provinsi Kalbar |
|
10. |
`Abdul Naim |
Kepala Sekolah |
SD Negeri 56 Singkawang |
|
11. |
Marsekot |
Kepala Sekolah |
SMA Negeri 1 Singkawang |
|
12. |
Susanti |
Kepala Sekolah |
SD Negeri 67 Singkawang |
|
13. |
Elisabeth |
Kepala Sekolah |
SD Negeri 89 Singkawang |
|
14. |
Ramli |
Kepala Sekolah |
SD Negeri 91 Singkawang |
|
15. |
Dra. Nani |
Kepala Sekolah |
SMP Negeri 10 Singkawang |
|
16. |
Indrawati Ningsih |
Kepala Sekolah |
SD Negeri 29 singkawang |
|
17. |
Arianto |
Kepala Sekolah |
SMK Negeri 3 Singkawang |
|
18. |
Yusak Ujang |
Kepala Sekolah |
SMA Negeri 7 Singkawang |
|
19. |
Gunanto |
Kepala Sekolah |
SMA Negeri 2 Singkawang |
|
20. |
Isdaryanto |
Kepala Sekolah |
SD Negeri 42 Singkawang |
|
21. |
Lusiana Lumban Gaol |
Kepala Sekolah |
SD Negeri 11 Singkawang |
|
22. |
Hanida |
Kepala Sekolah |
SD Negeri 3 Singkawang |
|
23. |
Hamdie |
Kepala Sekolah |
SD Negeri 5 Singkawang |
|
24. |
Mizan |
Kepala Sekolah |
SMK Negeri 2 Singkawang |
|
25. |
Slamet |
Kepala Sekolah |
SD Negeri 47 Singkawang |
|
26. |
Kastuti |
Kepala Sekolah |
SD Negeri 57 Singkawang |
|
27. |
Yudi Firman Sentosa |
Kepala Sekolah |
SMK Negeri 1 Singkawang |
|
28. |
Elvira Dwi Satria Mantili |
Kepala Sekolah |
SMP Negeri 19 Singkawang |
|
29. |
Amos Santi |
Kepala Sekolah |
SMP Negeri 15 Singkawang |
|
30. |
Widiastuti |
Kepala Sekolah |
SD Negeri 58 Singkawang |
|
31. |
Hermadi |
Kepala Sekolah |
SD Negeri 28 Singkawang |
|
32. |
Lizawati |
Pengajar Praktik |
SD Negeri 87 Singkawang |
|
33. |
Ribkah Melia Ariastya |
Pengajar Praktik |
SMP Negeri 19 Singkawang |
|
34. |
Halid |
Pengajar Praktik |
SD Negeri 1 Singkawang |
|
35. |
Candra Saputra |
CGP |
SD Negeri 56 Singkawang |
|
36. |
Uray Hanna Dewi |
CGP |
SMA Negeri 1 Singkawang |
|
37. |
Umi Herfiani |
CGP |
SD Negeri 67 Singkawang |
|
38. |
Reno Susanto |
CGP |
SD Negeri 89 Singkawang |
|
39. |
Heri Afdhal Nurhakim |
CGP |
SD Negeri 91 Singkawang |
|
40. |
Rina Astini |
CGP |
SMP Negeri 10 Singkawang |
|
41. |
Amaliah Kiftiah |
CGP |
SD Negeri 26 Singkawang |
|
42. |
Sri Wahyuni |
CGP |
SMA Negeri 2 Singkawang |
|
43. |
Nurjanah |
CGP |
SMK Negeri 1 Singkawang |
|
44. |
Hari Wibawa |
CGP |
SMK Negeri 3 Singkawang |
|
45. |
Yanti Farma |
CGP |
SD Negeri 42 Singkawang |
|
46. |
Lusiana Lumban Gaol |
CGP |
SD Negeri 11 Singkawang |
|
47. |
Devita Helyani |
CGP |
SD Negeri 3 Singkawang |
|
48. |
Lila Masitha |
CGP |
SD Negeri 5 Singkawang |
|
49. |
Sri Kartiany |
CGP |
SMA Negeri 1 Singkawang |
|
50. |
Yunda Rismawati |
CGP |
SMK Negeri 2 Singkawang |
|
51. |
Samto |
CGP |
SMK Negeri 1 Singkawang |
|
52. |
Sumarti |
CGP |
SD Negeri 42 Singkawang |
|
53. |
Ika Paryanti |
CGP |
SD Negeri 47 Singkawang |
|
54. |
Muhammad Syukur |
CGP |
SD Negeri 57 Singkawang |
|
55. |
Dji Sye Lim |
CGP |
SMA Negeri 7 Singkawang |
|
56. |
Silpiana |
CGP |
SD Negeri 67 Singkawang |
|
57. |
Riken Okta Sriwuri |
CGP |
SMA Negeri 7 Singkawang |
|
58. |
Rendi Setiawan Firdaus |
CGP |
SMP Negeri 15 Singkawang |
|
59. |
Fransiskus Andut |
CGP |
SMP Negeri 9 Singkawang |
|
60. |
Risa Kusuma |
CGP |
SD Negeri 58 Singkawang |
|
61. |
Sandra Widayanti |
CGP |
SD Negeri 28 Singkawang |
|
Catatan.
Peserta nomor
urut 51. Samto (CGP) tidak hadir pada lokakarya orientasi dan sudah
berkoordinasi langsung dengan PP dan BGP.
G.
DESKRIPSI PELAKSANAAN PENDAMPINGAN
1. Pembukaan
Kegiatan Lokakarya Orientasi dibuka oleh Kepala Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, dengan didahului menyanyikan Lagu
Kebangsaan Indonesia Raya, Mars Guru Penggerak dan Mars Gembira Bergerak.
Kegiatan Pembukaan dihadiri oleh pengawas sekolah, perwakilan BGP, kepala
sekolah CGP dan CGP sejumlah 27 orang. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas
berpesan agar para CGP semakin bersemangat mengikuti dan bisa menyelesaikan
pendidikan guru penggeraknya.
Setelah pembukaan dilanjutkan dengan agenda penyampaian
tujuan kegiatan yang disampaikan oleh Pengajar Praktik. Pengajar Praktik
menjelaskan Program Guru Penggerak secara singkat. Sebelumnya Pengajar Praktik
memperkenalkan diri kepada para CGP, Kepala Sekolah dan Pengawas. Setelah itu
menyampaikan agenda kegiatan dan pentingnya lokakarya orientasi ini.
2.
Perkenalan Calon Guru Penggerak dan Tim
Pendukung
Pengajar Praktik mengajak peserta lokakarya berkenalan
dengan melakukan permainan menggambar simbol diri. Setelah itu Calon Pengajar
Praktik, Kepala Sekolah dan Pengajar Praktik yang tidak bertugas memainkan
permainan bersama. Setelah berkenalan, lokakarya dilanjutkan dengan membuat
kesepakatan kelas yang dipimpin oleh Pengajar Praktik.
3.
Pemetaan harapan dan kekhawatiran
Pengajar Praktik mempersiapkan 4 kertas plano untuk
ditempelkan harapan dan kekhawatiran CGP, Kepala Sekolah dan Pengawas. Pengajar
Praktik memandu peserta kegiatan menuliskan harapan dan kekhawatiran mereka di
kertas post it yang telah dibagikan dengan catatan satu ide per kertas, jika
ada banyak, maka peserta menuliskannya di kertas lain. Setelah itu, kertas post
it ditempelkan di kertas plano.
Kekhawatiran secara umum yang ditemukan dalam tulisan CGP
adalah tidak bisa hadir tepat waktu karena masih di sekolah mengingat jam
pertemuan daring mepet dengan jadwal pulang sekolah. Selain itu kekhawatiran
lainnya adalah sinyal yang tidak stabil sehingga harus mencari lokasi yang baik
untuk mengikuti pertemuan daring. Harapan dari para CGP adalah bisa ikut semua
pertemuan dan menyelesaikan tugas sesuai ketentuan, serta bisa menerapkan ilmu
yang dipelajari di sekolahnya. Dari kepala sekolah dan pengawas masih ada
kekuatiran guru akan meninggalkan kelas dan sekolah dengan alasan mengikuti
pendidikan guru penggerak. Harapannya para guru penggerak bisa mewujudkan
tujuan dari program guru penggerak menjadi agen perubahan untuk peningkatan
kualitas pembelajaran di sekolah masing-masing dan sekitarnya. Pengajar Praktik
memberikan kesempatan kepada salah seorang kepala sekolah yang berasal dari
guru penggerak angkatan sebelumnya untuk memberikan dukungan dan membagikan
strategi bisa menyelesaikan pendidikan guru penggerak dengan baik tanpa
mengganggu tugas yang ada. Sesi ini ditutup dengan mengingat kutipan bahwa
hambatan pasti selalu ada, namun harapan harus selalu menjadi yang utama
sehingga CGP akan terus bersemangat mengikuti pendidikan CGP.
4.
Perjalanan Guru Penggerak
Pada sesi ini, Pengajar Praktik menjelaskan tentang
perjalanan guru penggerak yang pada muaranya menciptakan pelajar Indonesia yang
memiliki Profil Pelajar Pancasila.
Pengajar Praktik memberikan penjelasan singkat tentang profil pelajar
pancasila dan ke enam profilnya. Pengajar Praktik menyampaikan Kemendikbud akan
mendorong guru penggerak menjadi pemimpin-pemimpin Pendidikan di masa depan.
Guru Pengajar Praktik menyampaikan peran-peran terlibat selama program. Setelah
itu, Pengajar Praktik meminta calon guru penggerak bergabung dengan kepala
sekolahnya masing-masing. Pengajar Praktik menampilkan perjalanan pendidikan
Calon Guru Penggerak dan memberikan waktu 10 menit kepala CGP dan Kepala
Sekolah untuk membaca dengan baik alur perjalanan guru penggerak tersebut.
Setelah itu, Pengajar Praktik memberikan instruksi untuk pembuatan kesepakatan
peran CGP dan Kepala Sekolah. Kesepakatan tersebut didasarkan pada 2 pertanyaan
yaitu: apa yang perlu CGP lakukan agar dapat menyelesaikan tujuan pendidikan
CGP dan dukungan apa yang CGP perlukan agar dapat menyelesaikan pendidikan CGP.
Kesepakatan dituangkan pada lembar kerja yang ditanda tangani dan dikirimkan
kembali kepada kepala sekolah. Setelah itu, para CGP berdiskusi dengan teman
CGP dari sekolah lain tentang kesepakatan dan dukungan yang mereka dapatkan.
Setelah selesai, Pengajar Praktik melakukan rangkuman perjalanan dengan
menceritakan peta perjalanan guru penggerak. Ceritakan juga hasil kesepakatan
antara Calon Guru Penggerak dan kepala sekolah selama perjalanan program PGP.
5.
Posisi Diri
Sesi ini dilaksanakan setelah istirahat siang. Untuk mengembalikan
kesegaran dan konsentrasi maka dimulai dengan energizer. Pengajar Praktik
menjelaskan empat kategori kompetensi guru penggerak. Pengajar Praktik
memberikan kesempatan kepada beberapa calon guru penggerak untuk menyampaikan
pemikirannya tentang keterkaitan atau irisan antara kompetensi yang tertuang
pada Perdirjen GTK Nomor 6565 dengan 2626. Selanjutnya Pengajar Praktik
memberikan penjelasan tentang keterkaitan atau irisan kompetensi dari kedua
peraturan tersebut. Para CGP diajak mengisi lembar kerja dan berdiskusi dengan
teman di sebelahnya secara berpasangan.
Pada sesi ini ada dua bagian yaitu pengenalan kompetensi
diri CGP dan evaluasi diri CGP. Pada bagian evaluasi diri, alat yang digunakan
adalah lembar kerja. CGP bekerja secara individu dalam mengisi lembar kerja
tersebut. Pengajar praktik berkeliling dan mendampingi calon guru penggerak
dalam melakukan evaluasi diri. Dalam bagian ini, ketika CGP tidak selesai
mengerjakan maka bisa dilanjutkan di saat Pendampingan Individu sehingga pengisian
lembar kerja akan lebih dipahami oleh para CGP karena memiliki waktu yang lebih
panjang dalam memahami lembar kerja yang diberikan. Pengajar praktik juga bisa
memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk memperjelas evaluasi diri calon guru
penggerak.
6.
Membuat Rencana Pengembangan Diri
Dalam sesi ini, Pengajar Praktik mengajak Bapak/Ibu untuk
membuat rencana ke depan. Berupa rencana pengembangan diri berdasarkan
kompetensi diri guru penggerak. Harapannya di akhir program ini, Calon Guru
Penggerak sudah memiliki seluruh kompetensi Guru Penggerak. Pengajar Praktik
mendampingi CGP mengisi lembar rencana pengembangan diri. Ada 5 (lima)
informasi yang harus dijawab dalam lembar rencana pengembangan diri yaitu
kompetensi yang ingin dikembangkan, indikator keberhasilan, strategi mencapai
kompetensi tersebut, sumber daya/dukungan yang dibutuhkan dan cara mengatasi
faktor penghambat/tantangan
7.
Pengenalan Portofolio Digital
Pengajar Praktik menjelaskan portofolio digital dan
pentingnya membuat portofolio digital. Untuk membuat pemahaman lebih baik
Pengajar Praktik menampilkan contoh portofolio digital yang sudah dibuat oleh
CGP angkatan sebelumnya. Pengajar Praktik menyampaikan beberapa item yang harus
dicantumkan pada portofolio digital. Pengajar Praktik mengajak CGP membuka
laman membuat portofolio digital dan mencoba membuat portofolio digital. Para
CGP diminta untuk berlatih secara mandiri membuat portofolio digitalnya.
8.
Refleksi dan Penutup
Pengajar Praktik mengajak peserta untuk melakukan refleksi
dengan posisi duduk melingkar. Refleksi dilakukan dengan bantuan dua pertanyaan
yaitu Apa yang sudah dipelajari dan apa manfaatnya bagi CGP secara pribadi dan
dalam tugasnya sebagai guru. Pengajar praktik memberi kesempatan peserta sampai
semua peserta menjawab pertanyaan refleksi. Setelah itu, Pengajar Praktik
membagikan materi tentang profil pelajar pancasila dan panduan pembuatan
portofolio digital. Acara lokakarya ditutup dengan doa dan berfoto bersama.
H.
EVALUASI
Evaluasi yang dilakukan pada pelaksanaan pendampingan
lokakarya orientasi ini adalah,
a.
Permasalahan yang muncul
Pada saat
kegiatan lokakarya orientasi secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik.
Hanya sedikit saja kendala yang dihadapi yaitu mickrofon habis baterai tapi
cepat di atasi. Peserta kesulitan wudhu
karena air yang mengalir terlalu kecil pada kran mushola.
b.
Rekomendasi dan saran dari Pengajar Praktik
Diharapkan pihak pelaksana atau
panitia agar dapat melakukan koordinasi dengan baik untuk mempersiapkan
alat-alat yang mendukung lokakarya. Dan berkoordinasi tempat penyelenggara
untuk menyiapkan tempat lokakarya dan ibadahnya yang mendukung.
I.
PENUTUP
Laporan pelaksanaan pendampingan lokakarya orientasi ini diharapkan menjadi bahan informasi untuk evaluasi dan control pelaksanaan pendampingan individu maupun lokakarya Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP). Informasi yang didapatkan merupakan bahan tindak lanjut bagi pemangku kebijakan, penyelenggara serta pihak-pihak lain untuk tercapainya tujuan dari program.
0 comments:
Posting Komentar