ANDRI SUWANDI

Selamat Datang di Blog Andri Suwandi. Bergerak, Tergerak, Menggerakkan. Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar

Minggu, 05 Mei 2024

Pendampingan Individu 1 CGP Angkatan 10 Kota Singkawang

 

PENDAMPINGAN INDIVIDU 1

PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 10 KOTA SINGKAWANG

  

PI-1 (18-30 April 2024)

Oleh: ANDRI SUWANDI, S.Pd.

A.    Latar Belakang

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2019- 2024 salah satu visi Pemerintah Republik Indonesia berfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan kualitas pendidikan dan manajemen talenta. Visi tersebut terkait langsung dengan tugas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai penyelenggara pemerintahan di bidang pendidikan dan kebudayaan. Untuk mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan dan manajemen talenta, Kemendikbudristek mengembangkan rangkaian kebijakan Merdeka Belajar pada tahun 2019. Kebijakan ini dicetuskan sebagai langkah awal melakukan lompatan di bidang pendidikan. Tujuannya adalah mengubah pola pikir publik dan pemangku kepentingan pendidikan menjadi komunitas penggerak pendidikan. Filosofi “Merdeka Belajar” disarikan dari asas penciptaan manusia yang merdeka memilih jalan hidupnya dengan bekal akal, hati, dan jasad sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa. Dengan demikian, merdeka belajar dimaknai kemerdekaan belajar yang memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar senyaman mungkin dalam suasana bahagia tanpa adanya rasa tertekan. Pendidikan Guru Penggerak (PGP) merupakan Episode Kelima dari Kebijakan Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk mewujudkan guru yang berdaya dan mampu memberdayakan. Program ini bertujuan memberikan bekal menjadi pemimpin pembelajaran sehingga dapat menumbuhkembangkan potensi murid dan secara aktif mengembangkan pendidik di sekitarnya dalam mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Dalam upaya mengembangkan kepemimpinan pembelajaran, proses belajar dalam PGP didesain dengan pendekatan orang dewasa dan berbasis pengalaman. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pengembangan pengalaman guru maka diperlukan pembimbingan dalam bentuk pendampingan individu kepada guru penggerak. Pendampingan individu adalah proses coaching dan mentoring Pengajar Praktik kepada Calon Guru Penggerak. Berdasarkan hal tersebut maka perlu kiranya disusun buku pegangan pendampingan individu untuk para Pengajar Praktik. Buku pegangan ini disusun sebagai acuan implementasi agar pendampingan dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.

 

B.     Tujuan

Secara umum pendampingan individu bertujuan untuk membantu Calon Guru Penggerak menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya sehingga Calon Guru Penggerak mampu:

1.        Mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi;

2.        Memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik; dan

3.        Merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua.

Adapun Tema Pendampingan Individu 1 ini adalah Refleksi awal kompetensi guru penggerak dengan Fokus Pendampingan sebagai berikut:

a.         Diskusi tantangan belajar daring;

b.        Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara;

c.         Diskusi pembuatan kerangka portofolio; dan

d.        Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam dalam kompetensi guru penggerak.

 

C.    Hasil yang diharapkan

Mengkomunikasikan tindak lanjut lokakarya orientasi, implementasi perubahan di ruang kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara, menyusun kerangkan portofolio digital, dan mengkomunikasikan peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak.

 

D.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan

18 April s.d. 30 April 2024 dan dilaksanakan di Sekolah tempat CGP mengajar di Kota Singkawang sesuai dengan jadwal yang disusun oleh Pengajar Praktik.

 

E.     Strategi Pelaksanaan

Melakukan diskusi dengan CGP terkait Tindak lanjut Lokakarya Orientasi dengan memberikan pertanyaan pematik 1) Apa saja kekhawatiran yang sebelumnya Bapak/ Ibu resahkan dan terjadi, atau belum/ tidak terjadi? 2) Apa saja harapan-harapan yang sudah terwujud setelah pembelajaran 1 bulan ini? 3) Adakah harapan baru yang Bapak/ Ibu harapkan untuk pembelajaran 1 bulan ke depan? 4) Bagaimana dukungan yang diberikan oleh kepala sekolah dan rekan guru selama Bapak/ Ibu melakukan pembelajaran daring?

Diskusi dengan CGP tekait Implementasi perubahan di ruang kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara dengan memberikan pertanyaan pematik 1) Apa perubahan yang dilakukan Bapak/Ibu di ruang kelas agar selaras dengan pemikiran KHD? 2) Apa saja pembelajaran yang Bapak/ Ibu dapatkan dari modul Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara yang mendorong Bapak/Ibu melakukan perubahan tersebut? 3) Bagaimana respon peserta didik Bapak/Ibu atas perubahan yang dilakukan dan bagaimana Bapak/ Ibu melihat respon tersebut? 4) Apa hal yang sudah baik dari perubahan tersebut dan apa saja yang perlu diperbaiki ke depannya?  5) Perubahan konkret yang telah dilakukan dalam kelas, apakah sudah dituangkan dalam jurnal refleksi mingguan (aksi nyata modul 1.1)?

Diskusi dengan CGP tekait Portofolio Digital dengan memberikan pertanyaan pematik 1) Media/Platform apa yang akan Bapak/Ibu gunakan untuk membuat portofolio digital? 2) Komponen apa saja yang Bapak/Ibu tuangkan  ke dalam portofolio digital? 3) Seperti apa bentuk penyajian portofolio digital yang akan Bapak/Ibu buat?

Diskusi dengan CGP tekait Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak dengan memberikan pertanyaan pematik 1) Kompetensi apa yang sudah baik? 2) Kompetensi apa yang perlu ditingkatkan? 3) Setelah Anda mengetahui umpan balik tersebut, apakah ada perubahan rencana Anda? Apa saja yang berubah?

 

F.     Peserta

Peserta yang terlibat dalam Pendampingan Individu 1 ini adalah Calon Guru Penggerak (CGP) dan Kepala Sekolah CGP sebagai berikut:


 

G.    Jadwal Pelaksanaan

JADWAL PENDAMPINGAN INDIVIDU 1

PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 10

Nama Pengajar Praktik            : Andri Suwandi, S.Pd.

Instansi                                    : SDN 61 Singkawang

Kabupaten/Kota                      : Kota Singkawang


H.    Proses Pelaksanaan Kegiatan

Berjalan lancar sesuai rencana dan sudah selesai seluruhnya sesuai dengan langkah-langkah pendampingan.

 

I.       Hasil yang Dicapai

1.        CGP sudah berhasil mengkomunikasikan pembelajaran daring selama CGP oleh Fasilitator dan mendapat dukungan dari Kepala Sekolah dan warga sekolah.

2.        CGP sudah selesai mengerjakan tugas Modul 1.1 dari awal dan akhir program, serta masuk pembelajaran modul 1.3.

 

 

J.      Kesimpulan

Pelaksanaan Pendampingan Individu 1 ini sudah selesai dilakukan dan berjalan dengan baik serta sesuai dengan panduan yang diberikan oleh BGP. Calon Guru Penggerak mampu berdiskusi terkait tindak lanjut lokakarya orientasi, implementasi perubahan di ruang kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara, portofolio digital, dan peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak . Hasil dari diskusi di upload oleh Pengajar Praktik pada LMS.

 

K.    Saran

Semoga hasil dalam Pendampingan Individu lancar dan berdampak bagi murid, serta semakin memperbaiki visi misi Sekolah serta CGP akan memberi dampak ke guru lain.

 

 

 

                           

 

Lampiran

1.        Jadwal Pendampingan Individu


2.        Surat Tugas


 

Dokumentasi/Foto

1.        Silpiana

Hari/Tanggal        : Kamis, 18 April 2024

Waktu                  : 08.00-11.00 WIB

Instansi                 : SDN 67 Singkawang

 




2.        Sandra Widayanti

Hari/Tanggal        : Senin, 22 April 2024

Waktu                  : 09.30-12.30 WIB

Instansi                 : SDN 28 Singkawang

 




 

3.        Rendi Setiawan Firdaus

Hari/Tanggal        : Selasa, 23 April 2024

Waktu                  : 07.30-10.30 WIB

Instansi                 : SMP Negeri 15 Singkawang

 




 

4.        Riken Okta Sriwuri

Hari/Tanggal        : Rabu, 24 April 2024

Waktu                  : 08.00-11.00 WIB

Instansi                 : SMAN 7 Singkawang

 




 

5.        Risa Kusuma

Hari/Tanggal        : Kamis, 25 April 2024

Waktu                  : 08.30-11.30 WIB

Instansi                 : SDN 58 Singkawang

 





6.        Fransiskus Andut

Hari/Tanggal        : Selasa, 30 April 2024

Waktu                  : 08.30-11.30 WIB

Instansi                 : SMPN 9 Singkawang

 




 


1 komentar:

 
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA