PENDAMPINGAN INDIVIDU 1
PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 10 KOTA
SINGKAWANG
PI-1 (18-30 April 2024)
Oleh: ANDRI SUWANDI, S.Pd.
A. Latar Belakang
Dalam
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2019- 2024 salah
satu visi Pemerintah Republik Indonesia berfokus pada pengembangan Sumber Daya
Manusia (SDM) melalui peningkatan kualitas pendidikan dan manajemen talenta.
Visi tersebut terkait langsung dengan tugas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai penyelenggara pemerintahan di
bidang pendidikan dan kebudayaan. Untuk mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan
dan manajemen talenta, Kemendikbudristek mengembangkan rangkaian kebijakan
Merdeka Belajar pada tahun 2019. Kebijakan ini dicetuskan sebagai langkah awal
melakukan lompatan di bidang pendidikan. Tujuannya adalah mengubah pola pikir
publik dan pemangku kepentingan pendidikan menjadi komunitas penggerak
pendidikan. Filosofi “Merdeka Belajar” disarikan dari asas penciptaan manusia
yang merdeka memilih jalan hidupnya dengan bekal akal, hati, dan jasad sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa. Dengan demikian, merdeka belajar dimaknai
kemerdekaan belajar yang memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar
senyaman mungkin dalam suasana bahagia tanpa adanya rasa tertekan. Pendidikan
Guru Penggerak (PGP) merupakan Episode Kelima dari Kebijakan Merdeka Belajar
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk mewujudkan guru
yang berdaya dan mampu memberdayakan. Program ini bertujuan memberikan bekal
menjadi pemimpin pembelajaran sehingga dapat menumbuhkembangkan potensi murid
dan secara aktif mengembangkan pendidik di sekitarnya dalam mengimplementasikan
pembelajaran yang berpusat pada murid untuk mewujudkan Profil Pelajar
Pancasila.
Dalam
upaya mengembangkan kepemimpinan pembelajaran, proses belajar dalam PGP
didesain dengan pendekatan orang dewasa dan berbasis pengalaman. Untuk
mendapatkan hasil yang maksimal dari pengembangan pengalaman guru maka
diperlukan pembimbingan dalam bentuk pendampingan individu kepada guru
penggerak. Pendampingan individu adalah proses coaching dan mentoring Pengajar
Praktik kepada Calon Guru Penggerak. Berdasarkan hal tersebut maka perlu
kiranya disusun buku pegangan pendampingan individu untuk para Pengajar
Praktik. Buku pegangan ini disusun sebagai acuan implementasi agar pendampingan
dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.
B. Tujuan
Secara
umum pendampingan individu bertujuan untuk membantu Calon Guru Penggerak
menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya sehingga Calon Guru
Penggerak mampu:
1.
Mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan
cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi;
2.
Memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual
untuk berperilaku sesuai kode etik; dan
3.
Merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan
mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan
orang tua.
Adapun Tema Pendampingan Individu
1 ini adalah Refleksi awal kompetensi guru penggerak dengan Fokus Pendampingan
sebagai berikut:
a.
Diskusi tantangan belajar daring;
b.
Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran
Ki Hajar Dewantara;
c.
Diskusi pembuatan kerangka portofolio; dan
d.
Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan
diri dalam dalam kompetensi guru penggerak.
C. Hasil
yang diharapkan
Mengkomunikasikan tindak lanjut
lokakarya orientasi, implementasi perubahan di ruang kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar
Dewantara, menyusun kerangkan portofolio digital, dan mengkomunikasikan peta
posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak.
D. Waktu
dan Tempat Pelaksanaan
18 April s.d. 30 April 2024 dan
dilaksanakan di Sekolah tempat CGP mengajar di Kota Singkawang sesuai dengan
jadwal yang disusun oleh Pengajar Praktik.
E. Strategi
Pelaksanaan
Melakukan
diskusi dengan CGP terkait Tindak lanjut Lokakarya Orientasi dengan memberikan
pertanyaan pematik 1) Apa saja kekhawatiran yang sebelumnya Bapak/ Ibu resahkan
dan terjadi, atau belum/ tidak terjadi? 2) Apa saja harapan-harapan yang sudah
terwujud setelah pembelajaran 1 bulan ini? 3) Adakah harapan baru yang Bapak/
Ibu harapkan untuk pembelajaran 1 bulan ke depan? 4) Bagaimana dukungan yang
diberikan oleh kepala sekolah dan rekan guru selama Bapak/ Ibu melakukan
pembelajaran daring?
Diskusi
dengan CGP tekait Implementasi perubahan di ruang kelas sesuai pemikiran Ki
Hadjar Dewantara dengan memberikan pertanyaan pematik 1) Apa perubahan yang
dilakukan Bapak/Ibu di ruang kelas agar selaras dengan pemikiran KHD? 2) Apa
saja pembelajaran yang Bapak/ Ibu dapatkan dari modul Filosofi Pendidikan
Nasional Ki Hadjar Dewantara yang mendorong Bapak/Ibu melakukan perubahan
tersebut? 3) Bagaimana respon peserta didik Bapak/Ibu atas perubahan yang
dilakukan dan bagaimana Bapak/ Ibu melihat respon tersebut? 4) Apa hal yang
sudah baik dari perubahan tersebut dan apa saja yang perlu diperbaiki ke
depannya? 5) Perubahan konkret yang
telah dilakukan dalam kelas, apakah sudah dituangkan dalam jurnal refleksi
mingguan (aksi nyata modul 1.1)?
Diskusi
dengan CGP tekait Portofolio Digital dengan memberikan pertanyaan pematik 1) Media/Platform
apa yang akan Bapak/Ibu gunakan untuk membuat portofolio digital? 2) Komponen
apa saja yang Bapak/Ibu tuangkan ke
dalam portofolio digital? 3) Seperti apa bentuk penyajian portofolio digital
yang akan Bapak/Ibu buat?
Diskusi
dengan CGP tekait Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam
kompetensi guru penggerak dengan memberikan pertanyaan pematik 1) Kompetensi
apa yang sudah baik? 2) Kompetensi apa yang perlu ditingkatkan? 3) Setelah Anda
mengetahui umpan balik tersebut, apakah ada perubahan rencana Anda? Apa saja
yang berubah?
F. Peserta
Peserta yang terlibat dalam
Pendampingan Individu 1 ini adalah Calon Guru Penggerak (CGP) dan Kepala
Sekolah CGP sebagai berikut:
G. Jadwal
Pelaksanaan
JADWAL PENDAMPINGAN INDIVIDU 1
PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 10
Nama Pengajar Praktik :
Andri Suwandi, S.Pd.
Instansi : SDN 61 Singkawang
Kabupaten/Kota : Kota Singkawang
H. Proses
Pelaksanaan Kegiatan
Berjalan lancar sesuai rencana
dan sudah selesai seluruhnya sesuai dengan langkah-langkah pendampingan.
I. Hasil
yang Dicapai
1.
CGP sudah berhasil mengkomunikasikan pembelajaran
daring selama CGP oleh Fasilitator dan mendapat dukungan dari Kepala Sekolah
dan warga sekolah.
2.
CGP sudah selesai mengerjakan tugas Modul 1.1 dari
awal dan akhir program, serta masuk pembelajaran modul 1.3.
J. Kesimpulan
Pelaksanaan Pendampingan Individu
1 ini sudah selesai dilakukan dan berjalan dengan baik serta sesuai dengan
panduan yang diberikan oleh BGP. Calon Guru Penggerak mampu berdiskusi terkait tindak
lanjut lokakarya orientasi, implementasi perubahan di ruang kelas sesuai
pemikiran Ki Hadjar Dewantara, portofolio digital, dan peta posisi diri dan
rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak . Hasil dari diskusi
di upload oleh Pengajar Praktik pada LMS.
K. Saran
Semoga hasil dalam Pendampingan
Individu lancar dan berdampak bagi murid, serta semakin memperbaiki visi misi
Sekolah serta CGP akan memberi dampak ke guru lain.
|
|
Lampiran
1.
Jadwal Pendampingan Individu
2.
Surat Tugas
Dokumentasi/Foto
1.
Silpiana
Hari/Tanggal :
Kamis, 18 April 2024
Waktu :
08.00-11.00 WIB
Instansi :
SDN 67 Singkawang
2.
Sandra Widayanti
Hari/Tanggal :
Senin, 22 April 2024
Waktu :
09.30-12.30 WIB
Instansi :
SDN 28 Singkawang
3.
Rendi Setiawan Firdaus
Hari/Tanggal :
Selasa, 23 April 2024
Waktu :
07.30-10.30 WIB
Instansi :
SMP Negeri 15 Singkawang
4.
Riken Okta Sriwuri
Hari/Tanggal :
Rabu, 24 April 2024
Waktu :
08.00-11.00 WIB
Instansi :
SMAN 7 Singkawang
5.
Risa Kusuma
Hari/Tanggal :
Kamis, 25 April 2024
Waktu :
08.30-11.30 WIB
Instansi :
SDN 58 Singkawang
6.
Fransiskus Andut
Hari/Tanggal :
Selasa, 30 April 2024
Waktu :
08.30-11.30 WIB
Instansi :
SMPN 9 Singkawang
Terima kasih Pak
BalasHapus