ANDRI SUWANDI

Selamat Datang di Blog Andri Suwandi. Bergerak, Tergerak, Menggerakkan. Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar

Senin, 13 Februari 2023

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Mendidik dan Mengajar, Topik Merdeka Belajar di PMM

Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar (PMM) Topik Merdeka Belajar Modul 2 Mendidik dan Mengajar.


Ibu dan bapak guru akan dapat mengerjakan Post Test setelah menyelesaikan seluruh aktivitas, baik Materi, Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif.

Adapun beberapa catatan saat mengerjakan Post Test, yaitu :
- Ibu dan bapak dapat mengerjakan soal secara acak, namun wajib dijawab semuanya.
- Setelah selesai menjawab semua soal, klik “kumpulkan” untuk mendapatkan penilaian atau rekomendasi.

Berikut ini adalah referensi Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Merdeka Belajar yang dapat digunakan sebagai acuan ibu dan bapak dalam menjawab Post Test. Semoga bermanfaat.

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Merdeka Belajar Modul 2

1. Ki Hadjar Dewantara mendefinisikan
        “Pendidikan” sebagai “tuntunan”. Artinya...
        A. Tuntunan guru untuk membimbing murid
        B. Tuntunan dalam proses pembelajaran
        C. Tuntunan murid untuk berprestasi
        D. Tuntunan dalam hidup tumbuhnya
                murid sesuai dengan kodratnya

2. Apa definisi dari “mendidik” yang paling
        tepat menurut Ki Hadjar Dewantara?
        A. Menuntun segala kodrat yang ada pada
                murid, agar mereka dapat mencapai
                keselamatan dan kebahagiaan yang
                setinggi-tingginya, baik itu sebagai
                manusia maupun anggota masyarakat.
        B. Menuntun kehidupan murid agar mereka
                mampu menghadapi perubahan lingkungan
                dan menjalin hubungan sosial dan budaya
                yang ada di sekitarnya.
        C. Mengajarkan murid mengenai hal-hal yang
                belum diketahui sehingga membuatnya
                menjadi lebih tahu agar wawasan dan
                keterampilan yang dimiliki lebih baik untuk
                masa depannya.
        D. Menetapkan kebutuhan murid dengan
                melihat karakteristik setiap murid agar
                proses pendidikannya dapat berjalan
                dengan lebih optimal

3. Berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran,
        kecuali:
        A. Guru menyampaikan cara
                membuat puisi
        B. Guru mengamati minat murid 
                terhadap puisi
        C. Murid mempelajari ragam puisi
                yang disampaikan guru
        D. Guru meminta murid membuat
                puisi sesuai teori yang diajarkan

4. Menurut Ki Hadjar Dewantara, ... merupakan
        cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi
        hidup anak-anak secara lahir maupun batin.
        A. Menuntun
        B. Tuntunan
        C. Pendidikan
        D. Pengajaran

5. Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu
        hasil dari "tuntunan" orang dewasa terhadap 
        kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah...
        A. Perubahan dasar hidup dan
                tumbuh kembangnya
        B. Akal budi yang berkembang
        C. Kekuatan murid yang semakin
                meningkat
        D. Arah minat dan perubahan
                karakteristik diri

6. Berikut pernyataan yang sesuai terkait
        pemahaman terhadap kata "pendidikan"
        dan "pengajaran" menurut Ki Hadjar
        Dewantara...
        A. Tuntunan adalah salah satu
                bagian dari pengajaran
        B. Tuntunan adalah salah satu
                bagian dari pendidikan
        C. Pengajaran adalah salah satu
                bagian dari Pendidikan
        D. Pendidikan adalah salah satu
                bagian dari tuntunan

7. Hanya fokus pada orientasi kognitif
        dalam pembelajaran dapat menyebabkan...
        A. Murid malas belajar
        B. Perkembangan kecakapan emosi
                dan sosial murid terabaikan
        C. Murid tertekan untuk sekolah
        D. Sistem penilaian tidak sesuai

8. Menurut Ki Hadjar Dewantara, sistem
        pendidikan barat mengedepankan rasio
        dan ilmu pengetahuan tanpa adanya...
        A. Pendidikan emosional dan kecerdasan
        B. Olah rasa dan pendidikan intelektual
        C. Pendidikan intelektual dan emosional
        D. Pendidikan emosional dan olah rasa

9. Dasar utama yang dicita-citakan Ki Hadjar
        Dewantara untuk mencapai keluhuran manusia,
        nusa dan bangsa adalah kemerdekaan setiap 
        murid untuk mampu mengatur dirinya sendiri
        agar seperti tersebut di bawah ini, kecuali...
        A. Berpikir merdeka dalam ketertiban bersama
        B. Berperasaan
        C. Dapat bekerja berdasarkan kehendak
        D. Mengatur orang lain

10. Sifat pendidikan yang paling sesuai dengan
        bangsa kita menurut Ki Hadjar Dewantara
        adalah ...
        A. Humanis, Oportunis, Kerakyatan
        B. Humanis, Kerakyatanm dan Praktis
        C. Humanis, Kerakyatan, dan Kebangsaan
        D. Humanis, Kebangsaan dan Intelektualistis

11. Penanda manusia merdeka menurut 
        Ki Hadjar Dewantara adalah berikut ini,
        kecuali...
        A. Berdaya
        B. Berbudi pekerti
        C. Beriman
        D. Berkuasa atas kehendak diri

12. Pengembangan budi pekerti 
        (olah rasa, karakter), pikiran (olah pikir) 
        dan jasmani (olah raga) murid melalui 
        pendidikan tidak dapat dipisahkan, karena...
        A. Penting untuk masa depan
        B. Membuat diri murid menjadi seimbang
        C. Akan menuntun bagaimana cara hidup 
                dan memelihara hidup murid
        D. Merupakan pokok pembelajaran 
                dalam pendidikan


Setelah ini, sahabat pembelajar akan mempelajari materi/topik berkutnya, yaitu Materi Pelatihan Mandiri Topik Merdeka Belajar Modul 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
Semoga Jawaban ini bermanfaat. Semangat selesai PMM nya. 😊😊😊
by: Andri Suwandi

#PMM
#MerdekaMengajar
#MerdekaBelajar
#Topik2PMM


0 comments:

Posting Komentar

 
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA